Manfaat Daun Tapak Dara Untuk Mengobati Penyakit Leukimia

Manfaat Daun Tapak Dara Untuk Mengobati Penyakit Leukimia

Tapak dara atau nama latinnya (Catharanthus roseus L.), tanaman ini biasanya banyak dipeliharankan di pekarangan rumah karena memiliki bunga yang cantik dan berwarna warni sehingga bunga tapak dara ini banyak dihias di pekarangan rumah. Tanaman tapak dara ini berasal dari Amerika Tengah.

Nama Lokal Tapak Dara

Dalam bahasa Sumatera tapak dara ini disebut sebagai rumput jalang, dalam bahasa Bali disebut tapak lima, dalam bahasa Inggris disebut perwinkle, dalam bahasa Cina disebut sebagai chang cun hua, dalam bahasa Malaysia disebut kemiting cina dan dalam bahasa Sulawesi tapak dara ini disebut sebagai sindapor.

Kandungan Tapak Dara

Tapak dara ini memiliki kandungan diantaranya vinkristin, vinblastin, vinrosidin, vinleurosin, leurodisine, vincristine, vincadioline, leurosine dan catharanthine.

Ciri-ciri Tanaman Tapak Dara

Ciri-ciri tanaman tapak dara antara lain:

  1. Memiliki batang yang berbentuk bulat dengan diameter berukuran kecil, berkayu, beruas dan bercabang serta berambut.
  2. Daunnya ini berbentuk bulat telur, berwarna hijau dan berdaun tunggal.
  3. Bunga tapak dara ini menyerupai terompet dengan  permukaan berbulu halus.
  4. Tapak dara ini juga memiliki rumah biji yamg berbentuk silindris yang menggantung pada batang.
Manfaat Tapak Dara Untuk Kesehatan

Tapak dara ini juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan antara lain adalah mengobati bisul, mengobati diabetes, mengobati luka bakar, tangan gemetar, bronchitis, mengobati batu ginjal, mengobati hipertensi, mengobati kanker payudara, anemi, mengobati asma, mengobati tumor pigmen, mengobati demam, mengobati sariawan dan haid yang tidak teratur.

Cara Menyembuhkan Leukimia Dengan Menggunakan Daun Tapak Dara

Selain itu, tapak dara ini juga dapat mengobati penyakit leukimia juga lho. Caranya adalah cucikan daun tapak dara dan adas pulowaras sampai bersih, lalu rebuskan denga air, kemudian angkat dan dinginkan, lalu saring dan ambil airnya, kemudian diminum. Lakukan cara ini dengan rutin dengan meminumnya dua kali sehari yaitu pagi dan sore.

Nah, sekarang kalian sudah tau kan apa pengertian dari tapak dara serta ciri-cirinya dan manfaat tapak dara untuk kesehatan. Oh ya, ada juga cara mengobati leukimia dengan menggunakan daun tapak dara, bagaimana mudah sajakan caranya? Nah, jika anda terserang penyakit leukimia, anda bisa mencoba cara yang sudah dijelaskan diatas dengan menggunakan daun tapak dara. Kalau begitu selamat mencoba dirumah dan semoga bermanfaat bagi anda, terima kasih.

No comments:

Powered by Blogger.