Mengatasi Perut Kembung dengan Tanaman Jarak Pagar

Mengatasi Perut Kembung dengan Tanaman Jarak Pagar

Jarak pagar merupakan salah satu tanaman yang tumbuhnya didaerah tropis dan tumbuhan ini juga dikenal sangat tahan terhadap kekeringan dan juga sudah diperbanyak dengan stek. Asal tanaman ini berasal dari Amerika dan Meksiko.

Dalam bahasa Jawa disebut sebagai jarak gundul, arak cina dan jarak pager, dalam bahasa Alor disebut sebagai kuman nema, dalam bahasa Maluku disebut sebagai kadoto, dalam bahasa Sulawesi disebut sebagai tundo utomene, dalam bahasa Timor disebut sebagai jarak kare, serta dalam bahasa Sunda disebut sebagai jarak kosta dan dalam bahasa Nusa Tenggara disebut sebagai jarak pageh.

Kandungan yang terdapat dalam jarak pagar antara lain adalah nicotiflorin, isoquercitrin, rutin, quercetin, astragalin, reynoutrin, ricinine, vitamin C, alkoloid, saponin, tanin, fenolik dan triterpenoid yang berfungsi sebagai anti bakteri.

Ciri-ciri tanaman jarak pagar ini antara lain memiliki pohon yang ukurannya cukup kecil atau bersemak besar dengan tingginya mencapai 5 meter dan mengandung getah, daunnya berbentuk palmate berlobus dangkal sebanyak 5-7, daunnya ini memiliki panjang dan lebar bervariasi antara 6 sampai 15 cm.

Manfaat jarak pagar untuk kesehatan antara lain mengobati keputihan, mengobati radang anak telinga, mengatasi sariawan, mengobati sakit gigi, mengatasi perut kembung dan masuk angin, sembelit, luka dan pendarahan, mengobati rematik dan rasa gatal dikaki, serta juga dapat dijadikan sebagai obat batuk dan peluru dahak.

Selain itu jarak pagar juga dapat mengobati hernia dan juga dapat menyembuhkan koreng. Cara mengobati hernia antara lain gilingkan daun jarak hingga halus, tambahkan dengan garam, lalu diremas-remaskan, kemudian tempelkan pada titik tengah telapak kaki. Lakukanlah cara ini dengan rutin.

Dan cara untuk menyembuhkan koreng antara lain cuci daun jarak terlebih dahulu hingga bersih, lalu rendam daunnya pada air panas hingga lemas, kemudian ambil daunnya dan tempelkan daun tersebut pada kulit yang sakit. Lakukanlah cara ini secara rutin sampai lukanya sembuh.

Nah, itulah pengertian dari jarak pagar serta kandungannya, ciri-cirinya dan manfaatnya untuk kesehatan. Selamat membaca dan semoga bermanfaat bagi anda, terima kasih.

Powered by Blogger.