Mengatasi Masalah Sariawan dengan Tumbuhan Temulawak

Mengatasi Masalah Sariawan dengan Tumbuhan Temulawak

Temulawak merupakan tumbuhan obat yang tergolong dalam suku temu-temuan (Zingiberaceae). Temulawak ini berasal dari Indonesia, khususnya di Pulau Jawa, kemudian tanaman ini menyebar ke beberapa tempat dikawasan wilayah biogeografi Malesia. Saat ini, tanaman ini dibudidayakan di Indonesia, Malaysia, Thailand dan Filipina. Tanaman ini selain di Asia Tenggara, tanaman ini juga dapat ditemui di China, Indochina, Barbados, India, Jepang, Korea, Amerika Serikat dan beberapa negara Eropa.

Temulawak di Sunda disebut dengan koneng gede, jika di Jawa disebut temulawak, sedangkan di Madura disebut dengan temulawak. Tanaman ini dapat tumbuh dengan baik pada dataran rendah sampai ketinggiannya 1500 meter diatas permukaan laut dan berhabitat dihutan tropis. Rimpang temulawak ini dapat tumbuh dan berkembang dengan baik pada tanah yang gembur.

Ciri-ciri temulawak ini memiliki batang semu yang tingginya lebih dari satu meter akan tetapi tidak sampai dua meter, setiap tunas dari rimpang membuat daun 2-9 helai dengan wujudnya bundar memanjang hingga bangun lanset, warna daunnya hijau atau coklat keunguan jelas hingga gelap, bunganya berwarna kuning tua dan kelopak bunganya yang berwarna putih berbulu.

Temulawak memiliki kandungan senyawa kimia yang terdapat pada rimpangnya antara lain fellandrean dan turmerol atau biasanya yang sering disebut minyak menguap. Kemudian minyak minyak atsiri, kamfer, glukosida, foluymetik karbinol dan ankurkuminoid.

Manfaat temulawak untuk kesehatan antara lain menjaga kesehatan hati, menurunkan lemak darah, mengurangi radang sendi mengatasi penyakit maag, menyehatkan jantung, melancarkan pencernaan, mengatasi kanker, serta mengatasi gangguan ginjal.

Temulawak juga dapat menghilangkan sariawan, bau badan dan batuk lho. Caranya yaitu, sediakan dua jari rimpang temulawak, lalu dicucikan dan potong-potong, kemudian rebuskan dengan tiga gelas air sampai tersisa menjadi satu gelas, setelah itu disaringkan jika sudah dingin. Lakukanlah cara ini dengan rutin dengan minum dua kali sehari, masing-masing satu gelas.

Selain manfaat temulawak untuk kesehatan, ada juga manfaat temulawak untuk kecantikkan antara lain membantu mengatasi jerawat, membantu mencerahkan kulit, dapat menghaluskan kulit, membantu mengencangkan kulit, mengatasi masalah jerawat, mengatasi noda hitam dan bekas luka, serta mencegah kanker kulit.

Nah, itulah asal-usul temulawak serta ciri-ciri, kandungan dan manfaatnya untuk kesehatan dan kecantikkan. Semoga bermanfaat bagi anda yang sudah membacanya, terima kasih sudah mengunjugi blog saya.
Powered by Blogger.