Cara Mencegah Kista dan Kenali Gejalanya

Cara Mencegah Kista dan Kenali Gejalanya

Pada dasarnya wanita pasti memiliki dua indung telur yang terdapat di kanan dan bagian kiri rahim. Dan setiap indung telur tersebut pasti berisi ribuan telur yang baru atau biasanya disebut juga sebagai follkel.

Setiap bulan follkel ini akan membesar. Namun, dari begitu banyaknya follkel yang ada hanya terdapat satu follkel yang membesar lebih cepat dibanding dengan follkel lainnya dan follkel ini akan menjadi telur yang matang.

Akan tetapi, jika terjadi perubahan di siklusnya maka akan terjadi gangguan dan bisa menyebabkan hal-hal yang tidak di inginkan, seperti penyakit-penyakit lainnya atau lebih umum dikenal sebagai kista.

Kista tentu menjadi penyakit wanita dan bisa menguras kesehatannya. Namun begitu banyak wanita tidak menyadari dan bahkan ada yang mengabaikan penyakit yang satu ini. Kista adalah salah satu penyakit tumor jinak yang terbaur di bagian selaput jaringan di organ reproduksi wanita.

pada umumnya kista berbentuk kistik yang berisi cairan kental atau juga berbentuk anggur. Ada pula yang ditemukan dalam bentuk udara, nanah atau cairan yang sangat tidak baik bagi kesehatan tubuh. Meski kista merupakan tumor jinak, namun sangat berbahaya bagi kesehatan penderitanya jika tidak segera diangkat atau disembuhkan.

Salah seorang profesor yang bernama  Mary Jane Minkin dari klinis kebidanan, kandungan dan reproduksi di Yale University School of Medicine mengatakan jika kista terbentuk ketika follkel di kandungan tidak melepas sel telur. Follkel ini akan terus berkembang dan membesar sehingga inilah yang nantinya akan berkembang menjadi kista follkel atau kista ovarium. Lalu, bagaimana mengetahui gejala dari kista?

Mengetahui Gejala Kista

Meski kista disebut sebagai salah satu penyakit yang jarang disadari kemunculannya, selama kita peka sebenarnya keberadaan kista bisa diketahui. Gejala kista biasanya akan menyebabkan nyeri panggul yang hebat atau nyeri perut saat Anda menstruasi.

Beberapa wanita yang mederita kista mengalami nyeri perut hebat, pendarahan tidak wajar di organ intim atau adanya infeksi di sekitar daerah kewanitaan. Bukan sampai disitu saja, beberapa wanita yang positif menderita kista sering kali mengalami mual, muntah, demam dan lelah berlebih. Dengan ada gejala seperti ini maka sebaiknya Anda periksa segera ke dokter untuk mengetahui penyebabnya.

Cara Mencegah Kista

Cara terbaik untuk mencegah kista adalah hamil. Dengan adanya hamil maka dapat menurunkan risiko kista dan bisa mencegah pertumbuhan kista. Sebuah studi menyebutkan jika saat seseorang hamil maka wanita tersebut tidak akan mengalami masalah ovulasi. Karena seseorang tidak mengalami ovulasi, maka dapat dipastikan bisa menekan kista agar tidak terjadi pertumbuhan.

Selain dengan cara di atas, ada satu cara lagi untuk mencegah masalah kista, Anda bisa mencoba dengan konsumsi Pil KB. Karena Pil KB dipercaya bisa membuat seseorang wanita agar tidak mengalami masalah ovulasi. Tentu, cara terbaik adalah menjaga kesehatan dengan mengonsumsi makanan sehat seperti sayur dan buah segar, olahraga secukupnya, dan istirahat yang cukup.

Daripada mencegah, sebaiknya mulailah jaga kesehatan Anda agar tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan. Terutama, untuk kesehatan kandungan dan organ intim. Semoga informasi ini bermanfaat dan kita semua dijauhkan dari segala risiko penyakit berbahaya.
Powered by Blogger.