Hindari Minum Air Putih Setelah Makan Pedas, Ini Efek Buruknya

Hindari Minum Air Putih Setelah Makan Pedas, Ini Efek Buruknya

Sebenarnya makanan pedas sudah menjadi ciri khas bagi orang Indonesia. Tentu tanpa ada makanan pedas rasanya tidak lengkap bagi orang Indonesia. Jadi tidak heran, kalau salah satu menu makanan orang Indonesia adalah sambal yang tentu pedasnya bisa dapat Anda bayangkan.

Selain makanan pedas, salah satu minuman pendamping tentu adalah air putih. Namun ternyata adalah setelah makan pedas, ternyata tidak baik kalau langsung mengonsumsi air putih. Jadi selama ini kita percaya setelah memakan makanan pedas dan langsung minum air putih adalah salah.

Meski bagi kita itu hal wajar kalau sesudah memakan makanan pedas dan langsung minum putih bisa menghilangkan rasa pedas, akan tetapi baru-baru ini ada sebuah peniliti menunjukkan bahwa kebiasaan itu adalah hal yang salah. Ketika kita minum air putih setelah makan pedas, ternyata rasa pedas tersebut justru akan menyebar ke semua bagian mulut.

Dan Capsaicin yang ada di dalam cabai atau makanan pedas akan mengenai reseptor yang merasakan nyeri di lidah yang disebut reseptor TRPV1. Respon reseptor ini akan mengirimkan impuls ke otak dan akan memberi sensasi terbakar dari makanan pedas. Jadi, ini adalah mekanisme dasar yang terjadi ketika kita makan makanan pedas.

Dan karena capsaicin merupakan molekul non-polar, rasa terbakar ini hanya akan larut dalam zat non-polar lainnya. Tapi karena air adalah zat polar, hal ini tidak dapat menghilangkan rasa pedas di mulut. Sebaliknya, justru menyebarkan rasa pedas dan terbakar di seluruh bagian mulut. Bukan hanya itu, sensasi terbakar ini juga membuat Anda semakin merasa haus.

Lalu minuman apa yang baik diminum untuk menghilangkan rasa pedas? Susu cair merupakan minuman non-polar dan mengandung casein bisa menetralkan capsaicin dan menghilangkan sensasi terbakar di mulut. Susu juga berfungsi mencegah masalah lambung (rasa panas di perut) karena kebanyakan makan pedas.

Jadi, sepertinya mulai sekarang Anda harus mengganti minuman wajib saat makan pedas dengan susu, karena susu lebih cepat menghilangkan rasa panas dan terbakar di mulut setelah makan makanan pedas.
Powered by Blogger.